Hal Penting yang Sering dilupakan Para Blogger

Mohd Purwadi
4 min readOct 19, 2023
photo by unplash

Hal Penting yang sering dilupakan oleh para Blogger. Mungkin hal-hal tersebut merupakan hal-hal kecil dan mudah, saking mudahnya sampai dilupakan, padahal hal-hal tersebut dapat berdampak sangat besar terhadap blog, mau tahu hal-hal apa saja itu ? Mari simak berikut ini.

Hal yang Sering dilupakan Blogger dalam SEO

Attribut / tag alt pada Gambar

Nah, seperti yang saya katakan tadi, kebanyakan hal-hal yang dilupakan adalah hal-hal kecil, contohnya tag alt ini. Sebetulnya tag alt ini sudah pernah saya bahas pada salah satu posting terdahulu berjudul “Pentingnya Alt Tag Gambar dalam Optimalisasi SEO”.

Sekedar untuk mengingatkan kembali, alt tag merupakan suatu attibut tag HTML yang berfungsi untuk tempat menyimpan deskripsi gambar yang nantinya akan digunakan oleh mesin telusur, sehingga mesin telusur dapat menampilkan gambar anda jika ada yang menelusuri kueri yang sesuai dengan alt tag tersebut.

Jika anda tidak menambahkan tag alt pada gambar, maka gambar anda tidak mungkin di indeks oleh mesin telusur dan tidak mungkin muncul dalam hasil penelusuran gambar.

Tautan Internal dan External

Tautan Internal

Tautan internal merupakan tautan yang mengarah ke laman lain yang masih berada pada blog anda, contohnya seperti yang saya lakukan tadi, lalu ada juga widget posting populer, posting terkait, kategori dan sejenisnya. Tahukah anda, bahwa rata-rata website yang tampil di posisi 1–10 peringkat memiliki 130 tautan internal pada setiap halamannya (sumber : Ebook “Panduan SEO: Meningkatkan Peringkat Website Anda” di 2015 oleh NiagaWeb) atau anda juga bisa membaca artikel saya tentang Tips SEO untuk WordPress . Nah untuk bagian ini, saya memiliki beberapa tips diantaranya :

  1. Menambahkan widget posting populer;
  2. Menambahkan widget posting terkait;
  3. Menambahkan widget kategori;
  4. Menambahkan widget artikel acak;
  5. Menambahkan tautan kepada posting yang sudah anda buat apabila ada bagian dari posting tersebut yang akan di bahas di posting lainnya.

Sebetulnya, fungsi utama tautan internal ini adalah untuk mengurangi rasio pentalan alias bounce rate. Sedikit tentang rasio pentalan :

Tautan Eksternal

Biasanya para blogger sangat anti dalam memberikan tautan eksternal terutama para blogger baru. Padahal hal ini sangatlah penting terutama apabila blog anda masih baru dan belum mampu membuat pengunjung percaya terhadap konten blog anda, maka anda harus memberikan tautan eksternal dengan atribut rel=”nofollow” kepada situs-situs atau blog yang memiliki otoritas tinggi / terverifikasi memiliki konten berkualitas top, sehingga data-data yang anda tampilkan akan pengunjung anggap benar dan berkualitas karena berasal dari sumber data terpercaya seperti Wikipedia dan masih banyak lagi.

Namun Ingat, bukan berarti anda boleh asal copas artikel atau konten, tapi maksud saya adalah anda bisa menampilkan data-data yang anda kumpulkan dari beberapa situs berotoritas tinggi sehingga anda bisa membuat pengunjung percaya terhadap konten blog anda, tapi hal ini kurang berlaku untuk blogger yang sudah senior dan terpercaya seperti Om Taufik Nurrohman (admin dte.web.id), Kang Adhy Suryadi (admin kompiajaib.com), Kang Ismet (Ujang Ismatullah, admin blog.kangismet.net), mereka merupakan blogger senior yang sangat hebat dan luar biasa, sehingga konten dan data dari blog mereka sudah terpercaya tanpa perlu menggunakan trik Tautan Eksternal ini.

Hal yang Sering dilupakan Blogger dalam Marketing

Nah, dalam hal marketing atau promosi, ada cukup banyak hal yang sering dilupakan oleh blogger, diantaranya

Membangun Email Marketing / Mail List / Mail Newsletter

Tahukah anda, bahwa convension rate email melebihi mesin telusur / hasil penelusuran ? Jika sosial media memberikan nilai konversi (conversion rates) 0,48%, mesin telusur 2,64%, dan email 4,16% (referensi : http://panduanim.com/list-building/).

Hampir dua kali lipat bukan ? Bagi yang belum tahu tentang conversion rates, conversion rates adalah nilai pengunjung yang diperkirakan bagi sebuah web. Dan email memiliki conversion rates paling besar. Selain itu, email marketing memiliki keuntungan yang sangat banyak, diantaranya :

  • Seseorang cukup jarang mengganti email;
  • Hampir bebas dari persaingan pada tampilan, karena tidak tertutup oleh konten-konten terbaru seperti sosial media;
  • Yang saya rasakan, saya selalu membuka email secara rutin melalui perangkat seluler setiap 4–12 jam sekali, dan hampir selalu membuka setiap email

Jadi jangan sampai lupa untuk membangun email marketing, untuk pemula, anda bisa menggunakan FeedBurner, yang secara otomatis mengirim email dengan RSS Driven (otomatis mengirim email setiap ada pembaruan artikel pada blog anda yang diambil dari RSS).

Selain itu, tips dari saya jangan terlalu sering untuk mengirim email kepada para pelanggan anda, cukup 1 minggu sekali. atau anda bisa membaca kembali artikel saya tentang Tips Agar Blog Banyak Pengunjung walaupun Jarang Update.

Hal yang Sering dilupakan Blogger (Hal Umum)

Waktu

Blogging merupakan kegiatan yang sangat mengasyikan, terutama bagi yang hobi koding dan menulis. Tapi jangan sampai kita lupa waktu, terutama sampai mengganggu kegiatan lain yang harus dilakukan di dunia nyata. Apalagi untuk blogger yang masih sekolah, jangan sampai lupa mengerjakan PR dari guru killer gara-gara blogging, nanti bisa gawat tuh.

Cek Ulang Artikel

Nah ini yang sering dilakukan oleh para blogger, tidak mengecek kembali artikel sebelum diposting, tentunya hal ini membuat banyak kesalahan yang pada posting yang tidak terkoreksi, seperti typo error, kesalahan markup, lupa menambahkan tag alt, bahkan sampai lupa memberi tag dan sebagainya.

Membalas Komentar

Nah jangan sampai anda kehilangan pengunjung karena hal yang satu ini, usahakan anda selalu memantau aktivitas komentar di blog anda sehingga anda bisa membalas komentar secepat mungkin, ingat blog yang memiliki konten berkualitas belum tentu di kenal jika admin blog tersebut tidak ramah terhadap pengunjung, dan blog biasa akan menjadi terkenal apabila admin ramah terhadap pengunjung, nah salah satu bentuk keramahannya adalah membalas setiap komentar pengunjung.

Nah mungkin sekian dari saya, ada tambahan dari anda ? Silahkan tambahkan di komentar, siapa tahu saya tambahan dari anda saya tambahkan ke posting ini agar posting ini tambah panjang dan tentunya tambah lengkap, kalau tambah lengkap pasti tambah SEO, kalau tambah SEO pastinya trafik ke blog ini tambah banyak, nah kalau trafik banyak peluang daftar adsense tambah besar, kalau peluang daftar adsense tambah besar semangat saya untuk memberikan informasi, tips dan trik terbaru untuk anda.

--

--