3 Bunga Langka di Indonesia yang Indah dan Mempesona

Mohd Purwadi
3 min readMar 20, 2023

Hari ini kita akan membahas tentang tanaman bunga langka yang ada di Indonesia nih! Kita pasti udah tahu kan, Indonesia itu kaya banget dengan berbagai macam flora dan fauna yang kece-kece abis. Nah, kali ini kita mau bahas tentang bunga-bunga yang langka dan unik banget.

Menurut data dari International Union for Conservation of Nature (IUCN), Indonesia memiliki sekitar 2.000 spesies tumbuhan yang terancam punah, termasuk spesies tanaman langka. Pemerintah Indonesia telah berusaha untuk melindungi dan memulihkan spesies-spesies ini melalui berbagai upaya konservasi dan perlindungan habitat.

Yuk kita bahas, Ini Dia 3 Bunga Langka di Indonesia yang Indah dan Mempesona :

1. Rafflesia Arnoldii

photo by unplash

Yang pertama ada bunga Rafflesia Arnoldii, yang biasanya tumbuh di hutan-hutan Kalimantan, Sumatera, dan Papua. Bunga ini terkenal banget karena ukurannya yang gedhe banget, bisa sampe setinggi 3 meter lho! Dan yang bikin unik, bunga Rafflesia ini enggak punya daun dan akar, jadi bisa tumbuh cuma dengan menempel pada tanaman inangnya. Wajib banget nih buat para pecinta bunga buat liat langsung bunga Rafflesia ini.

2. Amorphophallus titanum (Bunga Bangkai)

photo by unplash

Selanjutnya, ada bunga Amorphophallus titanum atau yang lebih terkenal dengan nama bunga bangkai. Bunga ini bisa tumbuh setinggi 3 meter juga, dan wangi nya bikin semua orang ngeri dan mual. Tapi jangan salah, meski baunya enggak sedap, bunga bangkai ini punya bentuk dan warna yang cantik banget. Warna ungu dan merahnya jadi daya tarik utama dari bunga ini.

3. Black Orchid (Anggrek Hitam)

photo by genpi.co

Terakhir, ada bunga Anggrek Hitam atau Black Orchid yang bisa ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Namanya memang hitam, tapi kalau diliat dari dekat, bunga ini enggak sepenuhnya hitam kok. Ada sedikit warna ungu dan hijau di ujung kelopak bunganya. Tapi tetep aja, bunga ini termasuk langka banget dan menjadi incaran para kolektor bunga.

Mungkin sebagian dari kalian udah pernah liat atau bahkan punya salah satu dari bunga-bunga langka tersebut, tapi buat yang belum, cobain deh buat cari tahu dan lihat langsung keindahannya.

Selain ketiga bunga tersebut, sebenarnya masih banyak lagi loh tanaman bunga langka yang bisa ditemukan di Indonesia. Misalnya seperti bunga Kantong Semar yang biasanya tumbuh di tempat yang lembab dan gelap, atau bunga Seruni yang punya warna cerah dan cantik banget.

Selain keindahan, tanaman bunga langka juga memiliki nilai penting dalam pelestarian lingkungan dan ekosistem. Jadi, jangan hanya melihat keindahannya saja, tetapi juga jaga dan lestarikan lingkungan serta ekosistem di sekitarnya agar bunga-bunga langka tersebut bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.

Nah, itu dia beberapa tanaman bunga langka yang ada di Indonesia. Kita harus bangga banget punya kekayaan alam yang seunik dan segemerlap ini. Ayo, jangan cuma jadi penggemar bunga, tapi juga jadi pelindung alam yang baik ya!

Bagi kamu yang berlokasi di pekanbaru dan pingin punya taman bunga di rumah dengan tampilah yang estetik. bisa langsung hubungi Riau Landscape Jasa Tukang Taman Murah di Pekanbaru.

Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk terus melestarikan kekayaan alam Indonesia ya!

--

--